Backpacker Ke Taman Nasional Way Kambas Lampung



kali ini gue mau kasih informasi tentang Taman Nasional Way Kambas, ituloh taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Nah langsung aja nih informasinya untuk para backpacker bagaimana caranya kalian bisa ke Way Kambas.


For your Information nih guys, biasanya para backpacker dari luar daerah Lampung akan menentukan meetpoint keberangkatan, meetpoint pertama dari Pelabuhan Bakauheni dan yang kedua dari Kota Bandar Lampung. Nah bagi kalian yang meetpointnya di Pelabuhan Bakauheni, bisa langsung cari travel menuju Way Jepara-Way Kambas harganya sekitar Rp70.000 jika kalian beruntung, kalian bisa dapet Rp55.000 perorang maka kerahkanlah keahlian tawar menawar kalian hehe.


Untuk kalian yang meetpointnya dari Kota Bandar Lampung, berikut ada beberapa transportasi yang bisa kalian pilih sesuai budget dan selera backpacker:


1. Menggunakan Damri dari Bandar Lampung

Pertama kalian harus menuju Terminal Bus Damri Rajabasa Bandar Lampung, dengan menggunakan damri dari Terminal Bus Damri Rajabasa Bandar Lampung, kalian tak perlu khawatir akan merogoh kocek yang dalam. Berikut jadwal keberangkatannya:


Berangkat Pukul 06.00 WIB, tiba di Way Kambas pukul 09.30 WIB
Berangkat Pukul 08.00 WIB, tiba di Way Kambas pukul 11.30 WIB
Berangkat Pukul 10.00 WIB, tiba di Way Kambas pukul 13.30 WIB
Berangkat Pukul 16.00 WIB, tiba di Way Kambas pukul 20.00 WIB


Untuk harga tiketnya yakni
dari Way Kambas ke Rajabasa: Rp25.000
dari Way Kambas ke Tridatu: Rp5.000
dari Way Kambas ke Sekampung: Rp15.000
dari Way Kambas ke Metro: Rp15.000


2. Naik Travel dari Bandar Lampung

Transportasi travel Lampung Timur bisa menjadi salah satu pilihan alternatif transportasi untuk sampai ke Way Kambas. Untuk mencari travel ini, kalian harus mendatangi terminal bayangan di Hajimena atau Bundaran Raden Intan Bandar Lampung. Untuk ongkosnya sekitar Rp40.000 sampai Rp50.000 perorang


3.Menggunakan Kendaraan Pribadi (Mobil dan Motor)

Ya, alternatif satu ini bisa kalian pilih jika akan menuju Way Kambas namun tak ingin menggunakan transportasi umum. Sekaligus dengan mobil atau motor pribadi, kalian bisa bebas menentukan itinerary kalian nantinya.


Oiiyaa guys, ini tips dari gue untuk kalian yang mau ke Way Kambas, untuk jadwal kunjungan wisatawan dibuka pada pukul 05.00-16.00 WIB dan jika kalian lewat dari pukul 16.00 WIB kalian akan ditolak oleh petugas lapangan, dan petugas lapangannya nggak mau tau kalian berasal dari mana. Soalnya kemarin gua sampai digerbang utama sekitar pukul 16.45 dan ternyata masih banyak sekali pengunjung di jam segitu tapi ditolak masuk oleh petugas, walaupun gua lihat plat kendaraan mereka berasal dari luar Lampung, duuh sayang banget ya guys udah jauh-jauh tapi nggak bisa masuk. 

Lalu kok kita bisa masuk??? nah guys jadi sebelumnya gua sudah kontakan terlebih dahulu dengan Koordinator Lapangan Way Kambas, namanya Pak PAL (081369094913) dengan kalian kontakan dengan Pak PAL sebelumnya, gua jamin nggak ada yang berani tolak kalian untuk masuk Way Kambas hehehe.


WELCOME TO WAY KAMBAS





 

Berhubung aku sampai jam 16.45 WIB, akhirnya aku memutuskan untuk menyewa salah satu kamar didalam kawasan Way Kambas yang viewnya langsung menghadap danau dan kandang gajah seperti foto diatas. Untuk harga permalemnya sekitar Rp300.000, kalian akan dapat fasilitas seperti kasur yang bisa digunakan untuk 4 orang, dapur umum, serta karpet untuk lesehan. kalo aku kira-kira satu kamar itu bisa muat sekitar 10 orang.




Guys, penting juga ya untuk kalian bawa bekal makanan jika ingin menginap di Way Kambas, karena pada malam hari kawasan ini sepi atau bahkan tidak ada orang sama sekali, hanya ada beberapa penjaga yang berpatroli setiap 1 jam sekali. Dengan membawa bekal sendiri kalian bebas memasak didapur umum, atau bahkan jika kalian berkunjung secara rombongan. bisa tuh uji nyali buka tenda disamping penginapan sambil menikmati suasana gelap gulita dan heningnya malam khas hutan hahahaha.




Aku dapet info penginapan ini juga dari Pak PAL sang koordinator lapangannya Way Kambas, jadi Pak PAL ini bisa memberikan rekomendasi rencana kegiatan kalian selama di Way Kambas, sehingga kalian tak perlu pusing soal jadwal dan itinerary nantinya.


KEGIATAN YANG ADA DI WAY KAMBAS


1. Safari Hutan Malam Hari

Yaaa, dengan berkoordinasi dengan Pak PAL kalian bisa mengikuti patroli malem atau safari hutan dengan menunggangi gajah menyusuri gelapnya hutan belantara Taman Nasional Way Kambas, tarif untuk sekali safari berkisar antara RP150.000-RP300.000, tergantung durasi yang kalian pilih. Kemarin aku juga mengikuti safari ini dan seruuu abiiis guys, jadi berasa kalian sedang memasuki dunia lain yang gelap gulita dengan sesekali kalian akan melihat berkeliarannya babi hutan dan rusa. rekomended bangeet!!!

2. Melihat Pemandian Gajah

Setiap pagi sebelum gajah beraktifitas, sang pawang akan memandikan gajah di sebuah danau didepan penginapan, disini kalian bisa foto bareng gajah serta bisa juga memberikan makanan ke gajah.

3. Melihat Pertunjukan Gajah

Gajah-gajah beserta pawangnya memberikan pertunjukan kepada para pengunjung, pertunjukannya berupa main bola, joget dangdut, mengibarkan bendera, hingga terakhir sang gajah akan menghampiri pengunjung untuk sesi foto. Durasi pertunjukan ini sekitar 30-45 menit. Tiket masuknya Rp20.000 perorang dan untuk jadwalnya ada 2 sesi yaitu jam 11.00 dan 14.00. 




4. Wisata Kuliner

Disekitaran tempat pertunjukan gajah, kalian akan menemukan beberapa stand-stand makanan khas lampung serta makanan-makanan lain. Jadi walaupun kalian berada di Taman Nasional yang berupa hutan belantara, kalian nggak perlu takut untuk kelaperan.
Mungkin itu aja sih informasi yang bisa aku kasih ke temen backpacker yang mau mengunjungi Way Kambas. Cuma mau bilang "jangan lupaa Traveling, Hidup cuma sekali dan Indonesia itu Mempesona".


Best Regards,


Irfan Asdi




  


Comments

  1. Di sana bisa camp bawa tenda kak? Biaya nya berapa?

    ReplyDelete
  2. Di sana bisa camp bawa tenda kak? Biaya nya berapa?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Backpacker ke Bali dari Yogyakarta Selama 3 Hari 2 Malam Hanya 500 Ribu

Cara Backpacker ke Bromo dari Yogyakarta 2018